ALASAN IDEOLOGI PANCASILA.

4/5 (1)

Beri Rating

Bangsa Indonesia bangga mempunyai ideologi berupa pancasila dengan alasan.

A. Indonesia adalah negara majemuk.

Indonesia adalah negara majemuk, dengan begitu banyak suku bangsa bahkan terdiri dari beberapa ras bangsa.

Penjelasan.

dengan begitu banyaknya suku bangsa maka cara terbaik untuk mengakomodir segala jenis kebutuhan dari suku bangsa Indonesia, baik kebutuhan secara jasmani, maupun kebutuhan secara rohani yang berbeda-beda, sistem Pancasila merupakan sistem yang paling cocok digunakan.

karena sistem Pancasila mampu mengakomodir dari segala jenis kebutuhan, meskipun tidak sampai spesifik yang mendetil, Pancasila mampu memayungi segala jenis kebutuhan sosial masyarakat.

# Kemajemukan di bidang agama.

Setiap agama mempunyai cara ibadah masing-masing, jumlah agama di Indonesia sangatlah banyak dan yang diakui sampai saat ini ada lima agama. Dengan begitu banyaknya cara ibadah yang berbeda-beda maka cara Pancasila mengakomodir kepentingan beragama yaitu dituangkan dalam sila pertama, yang berbunyi: Ketuhanan Yang maha esa.

Kalimat ketuhanan yang maha esa itu tidak hanya mewakili satu agama saja, tapi bisa mewakili hampir seluruh agama yang ada di Indonesia. Yang intinya kebebasan beragama di Indonesia sangat dijamin, bahkan Indonesia sangat mengedepankan keagamaan dengan Pancasila, yang ayat pertamanya: Ketuhanan Yang maha esa.

Dengan ayat ini semua kemajemukan di Indonesia, bisa terjaga dan terlindungi dalam menjalankan agama mereka masing-masing.

# Kemajemukan disisi suku dan ras.

Indonesia sangat majemuk secara suku dan ras. Untuk mengakomodir itu, maka dibutuhkan ayat yang mampu menjaga dan memenuhi kebutuhan hidup dari semua perbedaanya. Terutama kebutuhan dasar sebagai warga negara. Dan dibuatlah satu ayat yaitu ayat kedua dan ayat ke lima. Yaitu: Kemanusiaan yang adil dan beradab. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Ayat di atas mewajibkan pemerintah atau pemimpin yang memimpin negara republik Indonesia, untuk berbuat adil bagi seluruh rakyat Indonesia. Adil dari sisi ekonomi maupun adil dari sisi pelayanan terhadap seluruh lapisan masyarakat di republik Indonesia. Ayat ini penting karena mampu menetralisir kecemburuan sosial antar kemajemukan yang terdiri dari berbagai suku dan ras.

B. Indonesia perlu memperkuat persatuan bangsa.

Negara Indonesia negara yang sangat majemuk seperti yang sudah dijelaskan di atas. Oleh karena itu maka untuk menjaga kerukunan kekokohan, maka persatuan bangsa harus menjadi pegangan yang kuat dan harus ditulis dalam kesepakatan bersama yaitu ditulis di dalam Pancasila.

Ketika keadilan bersosial dan kebebasan dalam menjalankan agamanya sudah diatur. Maka wajib juga diatur tentang persatuan yang tertulis di ayat ke tiga yaitu: persatuan Indonesia.

Ayat di atas menjelaskan bahwa persatuan di negara yang majemuk itu penting. Jangan sampai mudah diadu domba karena kemajemukan dengan cara dan kepentingan yang berbeda-beda, maka harus diselaraskan kepentingan dari masing-masing kelompok harus seiring seirama dengan kepentingan bangsa dan negara. Dan itu sudah tercakup di ayat kedua yaitu: persatuan Indonesia. Dan juga karena persatuan merupakan hal yang sangat penting, maka kaki dari burung garuda pancasila memegang lambang persatuan dengan bertuliskan bhinneka tunggal Ika, yang artinya: berbeda-beda tetapi tetap satu bangsa, yaitu bangsa Indonesia.

C. Kepemimpinan.

Dengan alasan yang sama yaitu kemajemukan, dari masing-masing kemajemukan harus mempunyai perwakilan dalam mengambil keputusan. Dan perwakilan itu di akomodir di ayat ke-4 pada butir-butir Pancasila, yaitu: Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.

Tujuan dari ayat di atas adalah, setiap keputusan yang diambil oleh negara harus mengikutsertakan perwakilan dalam pengambilan keputusannya, yaitu perwakilan dari seluruh wilayah Indonesia dan dari seluruh kemajemukan yang ada di Indonesia.

meskipun setiap usulan untuk pengambilan keputusan belum tentu selalu disetujui, karena kadang dalam pengambilan keputusan harus mengadakan voting, tapi keputusan itu sudah mewakili semua lapisan masyarakat, meskipun diantaranya kalah dalam voting karena mengikuti suara mayoritas, tapi tanpa mengabaikan kepentingan minoritas juga. Karena tidak mungkin setiap keputusan disetujui 100% perwakilan. apalagi di negara majemuk seperti republik Indonesia.

Itulah ulasan singkat Bangsa indonesia bangga mempunyai ideologi berupa pancasila dengan alasan yang sudah saya jelaskan secara sederhana di atas. Semoga membantu dan bermanfaat.

1 Komentar

  1. Bener sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *