Negara kita masih membeli berbagai barang dari luar negeri karena?

Beri Rating

mungkin kita bertanya, kenapa negara kita masih memberi barang atau produk dari luar negeri?

Mari kita cari tahu jawaban dan alasan kenapa negara kita membeli produk tersebut.

KEBUTUHAN DALAM NEGERI.

Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di seluruh dunia. Tentunya kebutuhan dalam negeri negara Indonesia sangatlah banyak. Dengan jumlah penduduk yang sebegitu banyaknya, dan dengan meningkatnya dan berkembangnya kebutuhan sehari-hari yang disebabkan oleh lancarnya teknologi informasi yang saling terkait di seluruh dunia, jadi kebutuhan masyarakat global akan segera cepat menjadi kebutuhan masyarakat Indonesia juga.

karena alasan di atas maka kebutuhan dalam negeri Indonesia akan terus berkembang dan tentunya akan terus meningkat.

PRODUKSI DALAM NEGERI YANG TIDAK MENYESUAIKAN DENGAN KEBUTUHAN.

Alasan kenapa negeri kita masih membeli berbagai barang produksi luar negeri, karena kebutuhan yang sudah saya jelaskan dalam ulasan di atas tidak tercukupi oleh produksi dalam negeri.

Contohnya:

1. GADGET. modern ini kebutuhan tentang teknologi informasi sangat tinggi, sedangkan kebutuhan dan produksi yang ada di dalam negeri tidak seimbang, misalkan kebutuhan tentang gadget. Kita semua tahu bahwa kita setiap harinya tidak bisa dipisahkan dari gadget smartphone, tapi coba lihat dari smartphone yang kita pakai saat ini pasti semuanya adalah produksi dari perusahaan yang ada di luar negeri.

Kenapa tidak memproduksi gadget sendiri?

jawabnya: Untuk memproduksi gadget maka Harus bersaing dengan perusahaan skala global dengan jaringan yang cukup luas. Dan juga harus disupport oleh sumber daya yang mumpuni termasuk sumber daya manusia dan sumber daya alam untuk bahan pembuatan gadget. Itu pun belum cukup, masih butuh kemauan keras atau tekad kuat dari pemimpin negara. Mungkin Indonesia sudah memulai itu saat ini, dan butuh waktu yang tidak sebentar untuk bisa terwujud. Dan juga masih banyak faktor yang mempengaruhi supaya itu bisa terwujud.

2. KEBUTUHAN MILITER.

dengan jumlah penduduk Indonesia yang sangat banyak dan wilayahnya yang sangat luas, maka kebutuhan militer republik Indonesia sangatlah besar. Dan sampai saat ini produksi peralatan militer Indonesia masih sangat sedikit, Indonesia belum bisa memproduksi jet tempur, kendaraan berat, kapal perang kapal selam dan peralatan militer berat yang lain.

Karena alasan itu, maka mau tidak mau Indonesia untuk memenuhi kebutuhan militernya harus impor dari luar negeri. Itulah alasan kenapa kebutuhan dalam negeri Indonesia masih banyak yang impor, dalam hal ini di bagian militer.

kenapa tidak produksi sendiri? Alasannya sama seperti alasan yang sudah saya jelaskan di atas, untuk produksi sendiri maka putus sumber daya yang mumpuni baik dari sumber daya alam dan berlebih sumber daya manusianya. Untuk itu butuh tekad yang kuat dan perlahan perlahan untuk mencapai produksi peralatan militer sendiri. Misalkan beli dari Korea kapal selam tapi dengan transfer teknologi, sehingga kedepannya bisa memproduksi kapal selam seperti yang dibeli dari Korea tapi nantinya diproduksi di dalam negeri sendiri untuk produksi berikutnya.

KESIMPULAN SEMENTARA.

Negara kita masih membeli berbagai barang dari luar negeri karena?

kebutuhan dalam negeri Indonesia belum tercukupi oleh produksi dalam negeri Indonesia sendiri.

sebenarnya masih banyak alasan, negara kita masih membeli berbagai barang dari luar negeri karena apa.

dengan gambaran ulasan yang saya jelaskan di atas, kamu bisa menganalisa sendiri alasannya kenapa Indonesia masih banyak impor barang dari luar negeri. Secara garis besarnya alasannya ya kebutuhan rakyat Indonesia tidak terpenuhi oleh produksi dalam negeri sendiri. Dan penyebab kenapa itu bisa terjadi adalah, kita masih menjadi negara berkembang untuk menjadi negara maju dan negara produsen maka Butuh waktu dan butuh keseriusan pemerintah untuk mewujudkan itu.

Produksi dalam negeri yang masih bisa diandalkan adalah di bidang pertanian, untuk di bidang agribisnis Indonesia masih menggunakan mayoritas produk dari dalam negeri sendiri, tapi yang membuat meningkatnya kebutuhan impor adalah dari produk di luar produk pertanian atau lebih tepatnya saat ini produk di bidang teknologi.

SEMOGA MEMBANTU.